Friday, September 5, 2008

Menciptakan Efek Tornado

Kalau boleh dibilang, Adobe Photoshop CS merupakan software grafis yang sangat istimewa. Bukan saja karena fasilitas image-editingnya yang komplit, tapi juga karena filter dan efeknya yang menawan. Latihan pertama yang akan kita pelajari adalah membuat efek tornado. Tidaklah sulit menciptakan efek tornado. Kita hanya melibatkan beberapa efek saja, seperti clouds, Lens Flare, dan beberapa efek tambahan.
Pertama kali, kita siapkan terlebih dahulu kanvas berukuran 500 x 500.

Setelah itu, set warna latar depan (foreground) menjadi warna biru. Hal ini untuk memudahkan kita saat membuat efek tornado. Nanti, kita tak perlu mewarnai ulang efek ini.



Setelah itu, kita akan membanjiri kanvas dengan efek Clouds. Caranya, klik menu
Filter > Render > Clouds. Tampilan kanvas anda akan menjadi seperti ini :


Jika anda ingin warna awan yang berbeda, aturlah warna latar belakang dan latar depan yang saat itu sedang aktif. Sekarang, kita akan memberinya efek Ripple adalah yang paling cocok. Klik menu Filter > Distort > Ripple. Pada kotak Amount, masukkan angka 928 sedangkan Size : Medium. Hasilnya akan menjadi seperti ini.



Setelah itu kita akan menambahkan efek petir atau cahaya dan kita akan menggunakan filter Lans Flare. Masuklah ke menu Filter > Render > Lens Flare. Pilihlah type 50 – 300mm Zoom. Set Brightness pada angka 100 dan posisikan sinar lens flare itu di bagian kiri atas gambar. Kira-kira hasilnya akan seperti ini :



Langkah terakhir yaitu menghadirkan tornado itu di atas kanvas. Untuk melakukan hal ini, Photoshop CS telah memiliki filter khusus siap pakai. Namanya adalah Twirl. Akseslah ia menggunakan menu Filter > Distort > Twirl. Pada Angle, masukkan angka 999. Nah hasil akhirnya kira-kira seperti ini :


0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi