Thursday, September 4, 2008

Belajar Membuat Logo IBM dengan Corel Draw

Pada tutorial kali ini saya akan membuat logo dari perusahaan IBM dengan menggunakan software Corel Draw 11. Untuk membentuk logo tersebut, terlebih dahulu anda harus membentuk objek teks yang akan digunakan. Pertama-tama buat file baru dengan mengklik File > New atau dengan menekan Ctrl + N


Kemudian

buatlah objek dengan menggunakan Text Tool yang biasanya ada di sisi kiri dari Corel Draw.


Lalu kamu tulis kata IBM seperti contoh di bawah ini :



Setelah itu, kamu dapat menggunakan Bezier Tool untuk membentuk objek garis.





Cara membentuk objek garis tersebut, yaitu :
1. Geser posisi Cursor mouse pada sisi terkiri objek teks. Lakukan pada bagian teks yang memiliki sisi terpanjang.


2. Geser posisi Cursor mouse pada sisi terkanan objek teks.







3. Berikutnya system akan membentuk garis lurus yang menghubungkan kedua titik tersebut.


Setelah objek garis terbentuk, tentukan ukuran garis tersebut dengan menggunakan Outline tool. Untuk itu, lakukan klik mouse pada tanda lipatan yang ada pada sisi kanan bawah icon alat tersebut. Berikutnya,system akan menampilkan daftar subalat yang dapat digunakan.


Pada contoh disini, ukuran objek garis yang digunakan ialah 24 point. Ukuran tersebut dugunakan untuk mengimbangi ukuran objek teks yang diproses.


Setelah itu, tentukan warna outline dari objek garis tersebut. Untuk itu, anda dapat menggunakan Outline Tool. Kamu dapat menggunakan Outline Pen Dialog Tool atau Outline Color Dialog Tool. Pada contoh kali ini saya menggunakan Outline Pen Dialog Tool.



Pada waktu prosesnya, system akan menampilkan kotak dialog bernama Outline Pen. Pada saat itu, gunakan icon yang ada disisi kanan bagian color untuk mengubah warna garis outline. Pada contoh disini, objek teks memakai huruf hitam dan objek garis memakai huruf putih.


Tahapan berikutnya, yaitu menyesuaikan posisi objek garis tersebut. Untuk itu, aktifkan Pick Tool lalu pilih objek garis tersebut. Setelah itu gunakan tombol panah ke bawah untuk memindahkan objek garis tersebut pada posisi yang diinginkan.




Setelah membentuk satu garis pemutus objek teks secara horizontal dan menempatkannya pada posisi yangs sesuai, lakukan proses Copy untuk duplikasi objek garis tersebut. Untuk itu gunakan menu Edit > Copy atau Ctrl + C. Untuk duplikasinya, lakukan proses Paste atau Ctrl + V, geser posisi objek garis tersebut secara langsung dengan menggunakan tombol panah ke bawah. Lakukan pemindahan tersebut sehingga objek garis berikutnya sesuai dengan keinginan.


Setelah terbentuk objek garis penutup seperti contoh diatas, lakukan pengelompokkan pada semua objek tersebut. Tujuannya adalah menyatukan objek teks dengan objek garis tersebut agar proses berikutnya membuat semua objek tersebut seperti satu objek saja. Untuk memperosesnya, anda dapat memilihnya dengan menggunakan Pick Tool.




Berikutnya, system akan memilih objek gambar yang dikelompokkan tersebut. Untuk menyatukannya, gunakan menu Arrange submenu Grup. Untuk menguraikannya kembali, gunakan menu Arrange submenu Ungroup.



4 comments:

doez said...

k sepppp

q_light said...

hebat tapi jujur aku masih harus belajar banyak kalo udah nyangkut corel, hehee..
tapi thanks lho atas semua info di atas, trus semangat...

admin said...

i_stiaji
Wah bagus tu bwt tambah2 referensi...

rifaabe said...

toturialnya bagus lo, tambah lagi ya

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi