Thursday, September 4, 2008

Kreasi Bingkai Spatter Frame

Pada tutorial kedua ini, saya akan memanfaatkan salah satu filter yang ada di dalam Photoshop CS, yaitu filter Spatter.Karena menggunakan filter itu maka kreasi saya kali ini diberi nama dengan kreasi spatter frame. Tutorial saya kali ini praktis lebih mudah. Kita hanya dengan bermain-main denga garis seleksi dan salah satu filter yang ada di Photoshop CS, yaitu Spatter. Pertama-tama, anda butuh sebuah objek gambar yang akan diberi Spatter Frame ini. Saya disini memakai objek foto saya sendiri sebagai contoh kalian bisa menggunakan objek gambar sesuai dengan selera yang kalian inginkan.




Kemudian buatlah bidang seleksi dengan menggunakan Rectangular Marquee Tool sebesar kira-kira ¾ dari ukuran kanvas.




Setelah itu, klik tombol Ctrl+Shift+I atau klik menu Select > Inverse untuk membalik bidang yang terseleksi.



Lalu tekan tombol Del untuk menghapus bidang yang terseleksi itu.



Kemudian Tekan Ctrl+Shift+I untuk membalik bidang seleksi sekali lagi. Kalau sudah, klik menu Select > Modify > Contract. Masukkan angka 10 pada kotak Contract By. Garis seleksi mengecil karena telah di contract 10 pixels. Contract berfungsi untuk memperkecil bidang yang terseleksi. Kira-kira gambarnya menjadi seperti di bawah
ini :



Sekali lagi, untuk yang terakhir kalinya, tekan Ctrl+Shift+I untuk membalik daerah yang terseleksi. Daerah yang terseleksi inilah yang nanti akan menjadi tepi foto atau bisa juga disebut dengan bingkai foto.



Untuk membuat bingkai foto, kita hanya perlu menggunakan filter spatter. Klik menu Filter > Brush Strokes > Spatter. Masukkan setting seperti gambar di bawah ini.



Anda bisa menggunakan setting anda sendiri jika perlu. Hasilnya tentu akan berbeda. Kira-kira hasil akhirnya akan seperti ini :




0 comments:

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi