Monday, August 10, 2009

MENGGUBAH WARNA RAMBUT

1.MEMILIH FOTO
Ambil foto diri Anda yang menampakkan rambut Anda dengan jelas, klik menu File*Open untuk membukanya di dalam kanvas kerja. Tekan tombol D untuk membuat default warna foreground dengan hitam dan background dengan putih. Duplikasikan layer dengan menekan tombol CTRL + J sehingga tercipta layer baru bernama Layer 1.

2.MENGAKTIFKAN CURVE
Kita akan mengubah warna rambut dengan fasilitas Curve yang terdapat pada Photoshop, pilih menu Image – Adjustments – Curves, akan tampil sebuah Jendela Curves yang memiliki empat channel warna, yaitu RGB, Red, Green, dan Blue.

3.WARNA MERAH
Mula-mula pilih channel Red, lalu arahkan kurva ke bawah, Anda akan melihat perubahan warna terjadi pada gambar Anda dengan dominan warna merah, atur hingga mendapatkan warna yang Anda inginkan. Pada contoh kurva digeser hingga parameter Input bernilai 70% dan Output bernilai 40%.

4.KOMBINASI WARNA
Anda dapat memilih channel lain dan melakukan peng- aturan yang mengombinasikan warna-warna tersebut agar mendapatkan warna yang Anda inginkan. Fokuskan pandangan Anda pada warna rambutnya saja, tidak perlu kuatir dengan bagian lain yang ikut berubah warna, karena kita akan mengembalikan warna asli selain rambut pada langkah selanjutnya.

5.LAYER MASK
Setelah menentukan warna rambut yang Anda inginkan dengan pengaturan Curve, buat sebuah layer mask dengan mengklik icon “Add layer mask” sehingga menampilkan sebuah layer putih kosong pada Layer 1.

6.KEMBALIKAN WARNA ASLI
Pilih Brush Tool, lalu kuaskan pada bagian gambar yang ingin Anda kembalikan ke warna asli. Untuk bagian area yang memerlukan ketelitian yang cukup detail, Anda dapat memperbesar (Zoom In) gambar agar dapat lebih menentukan area kuas, memperkecil Master Diameter dan Opacity-nya, agar didapatkan hasil yang halus dan rapi.

7.SEBELUM DAN SESUDAH
Anda dapat membandingkan gambar awal sebelum di manipulasi dan gambar setelah warna rambut berubah. Dengan cara ini, Anda dapat tampil dengan berbagai warna rambut yang menarik.

3 comments:

BlogPuisi said...

tutorial yang cukup baik juga nich dan patut untuk d coba..
thanks ya,,,

Unknown said...

thanks buat tutorialnya sob.thanks.

http://www.hotmobilenews.com

hendro said...

sulit d pahami tanpa contoh gmbar

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi