Tuesday, August 18, 2009

MEMBUAT SKETSA BANGUNAN

1.SIAPKAN SKETSA BANGUNAN
Untuk membuat sebuah tampilan cetak biru yang sempurna, Anda membutuhkan foto sebuah gambar rancangan bangunan apa saja, atau bisa hanya sekadar coret-coretan Anda di atas kertas yang kemudian di-scan sebagai bahan kreasi Anda. Tentu Anda juga dapat memberi efek blueprint ini pada foto bangunan biasa, namun hasilnya akan kurang meyakinkan sebagai hasil cetak blueprint. Sketsa akan membuat garis-garis cetakan terlihat lebih nyata. Buka gambar yang telah Anda siapkan dari menu File-Open di Photoshop.

2.MENGABURKAN GAMBAR
Duplikasi gambar Background dengan mengklik menu Layer – Duplicate Layer. Beri nama Layer baru ini dengan nama Sketsa. Masuk ke Filter-Surface Blur untuk membuat gambar sketsa terlihat lebih kabur, ingat bahwa kita akan membuat sebuah hasil sketsa cetak biru, jadi sebaiknya goresan tidak dibuat jelas agar hasil akhir tidak menjadi terlalu tajam. Masukkan parameter berikut ke dalam ?eld yang tersedia. Radius: 18; Threshold: 38 atau sesuaikan dengan gambar Anda, sehingga sketsa terlihat samar.

3.MEMBERI FILTER
Sekarang masuklah ke Filter-Stylize-Find Edges yang berfungsi kebalikannya, yaitu untuk mempertajam bagian-bagian tertentu dari sketsa. Aplikasikan ?lter ini pada layer sketsa sehingga hasil sementara kurang lebih terlihat seperti berikut ini, garis-garis sketsa terlihat menebal di bagian tengah gambar sedangkan ujung-ujungnya tetap terlihat samar.

4.INVERT PADA GAMBAR
Langkah berikut ini akan membuat gambar yang Anda buat mulai terlihat seperti blueprint. Lakukan invert dari menu Image – Adjustment – Invert pada foto yaitu membalik batas warna maksimal gelap dan terang pada foto sehingga kini foto Anda terlihat seperti negatif ?lm. Tahap berikutnya kita hanya perlu mengganti warna hitam pada gambar ini dengan warna biru.

5.TAMBAHKAN WARNA BIRU
Tambahkan layer baru tepat di atas sketsa bangunan Anda dari menu Layer – New – Layer. Agar tidak membingungkan Anda, beri nama layer baru ini dengan nama layer BluePrint. Kliklah pada Color Palette bagian Foreground dan pilih warna biru menyerupai warna cetak biru sesungguhnya yaitu dengan kode warna #3953a4. Gunakan Paint Bucket Tool untuk mengisi warna Foreground tersebut pada layer BluePrint.

6.UBAH BLENDING MODE
Ubah blending mode pada Layer BluePrint menjadi Hard Light. Sketsa tadi akan muncul menembus warna biru tersebut membentuk sebuah tampilan Blueprint yang cantik. Untuk meyakinkan tidak ada warna lain pada sketsa, pindahlah ke layer Sketsa dan lakukan Image – Adjusment – Desaturate untuk menghilangkan warna lain pada sketsa selain hitam dan putih. Seharusnya pada hasil akhir Anda akan terlihat sebagai berikut.

7.HASIL AKHIR
Blueprint kreasi Anda telah selesai. Bandingkan dengan sketsa biasa yang merupakan wujud asalnya sebelumnya. Terlihat sangat berbeda dan lebih nyaman dilihat mata. Sebagai tambahan, Anda dapat menambahkan teks atau perhitungan matematis pada sisi-sisi yang kosong sebagai atribut detail. Selain untuk membuat tampilan blueprint yang sesungguhnya, Anda juga dapat mengaplikasikan langkahlangkah di atas sebagai variasi pada foto kesayangan Anda untuk membuatnya terlihat unik.

1 comments:

tifa said...

Kalo ada gambarnya bakal lebih menarik..........

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi