Tuesday, August 18, 2009

MEMBUAT SKETSA BANGUNAN

1.SIAPKAN SKETSA BANGUNAN
Untuk membuat sebuah tampilan cetak biru yang sempurna, Anda membutuhkan foto sebuah gambar rancangan bangunan apa saja, atau bisa hanya sekadar coret-coretan Anda di atas kertas yang kemudian di-scan sebagai bahan kreasi Anda. Tentu Anda juga dapat memberi efek blueprint ini pada foto bangunan biasa, namun hasilnya akan kurang meyakinkan sebagai hasil cetak blueprint. Sketsa akan membuat garis-garis cetakan terlihat lebih nyata. Buka gambar yang telah Anda siapkan dari menu File-Open di Photoshop.

2.MENGABURKAN GAMBAR
Duplikasi gambar Background dengan mengklik menu Layer – Duplicate Layer. Beri nama Layer baru ini dengan nama Sketsa. Masuk ke Filter-Surface Blur untuk membuat gambar sketsa terlihat lebih kabur, ingat bahwa kita akan membuat sebuah hasil sketsa cetak biru, jadi sebaiknya goresan tidak dibuat jelas agar hasil akhir tidak menjadi terlalu tajam. Masukkan parameter berikut ke dalam ?eld yang tersedia. Radius: 18; Threshold: 38 atau sesuaikan dengan gambar Anda, sehingga sketsa terlihat samar.

3.MEMBERI FILTER
Sekarang masuklah ke Filter-Stylize-Find Edges yang berfungsi kebalikannya, yaitu untuk mempertajam bagian-bagian tertentu dari sketsa. Aplikasikan ?lter ini pada layer sketsa sehingga hasil sementara kurang lebih terlihat seperti berikut ini, garis-garis sketsa terlihat menebal di bagian tengah gambar sedangkan ujung-ujungnya tetap terlihat samar.

4.INVERT PADA GAMBAR
Langkah berikut ini akan membuat gambar yang Anda buat mulai terlihat seperti blueprint. Lakukan invert dari menu Image – Adjustment – Invert pada foto yaitu membalik batas warna maksimal gelap dan terang pada foto sehingga kini foto Anda terlihat seperti negatif ?lm. Tahap berikutnya kita hanya perlu mengganti warna hitam pada gambar ini dengan warna biru.

5.TAMBAHKAN WARNA BIRU
Tambahkan layer baru tepat di atas sketsa bangunan Anda dari menu Layer – New – Layer. Agar tidak membingungkan Anda, beri nama layer baru ini dengan nama layer BluePrint. Kliklah pada Color Palette bagian Foreground dan pilih warna biru menyerupai warna cetak biru sesungguhnya yaitu dengan kode warna #3953a4. Gunakan Paint Bucket Tool untuk mengisi warna Foreground tersebut pada layer BluePrint.

6.UBAH BLENDING MODE
Ubah blending mode pada Layer BluePrint menjadi Hard Light. Sketsa tadi akan muncul menembus warna biru tersebut membentuk sebuah tampilan Blueprint yang cantik. Untuk meyakinkan tidak ada warna lain pada sketsa, pindahlah ke layer Sketsa dan lakukan Image – Adjusment – Desaturate untuk menghilangkan warna lain pada sketsa selain hitam dan putih. Seharusnya pada hasil akhir Anda akan terlihat sebagai berikut.

7.HASIL AKHIR
Blueprint kreasi Anda telah selesai. Bandingkan dengan sketsa biasa yang merupakan wujud asalnya sebelumnya. Terlihat sangat berbeda dan lebih nyaman dilihat mata. Sebagai tambahan, Anda dapat menambahkan teks atau perhitungan matematis pada sisi-sisi yang kosong sebagai atribut detail. Selain untuk membuat tampilan blueprint yang sesungguhnya, Anda juga dapat mengaplikasikan langkahlangkah di atas sebagai variasi pada foto kesayangan Anda untuk membuatnya terlihat unik.

2 comments:

tifa said...

Kalo ada gambarnya bakal lebih menarik..........

Unknown said...

Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi