Tuesday, October 14, 2008

Membuat Efek Kilat

Trik pembuatan efek kilat sangat sederhana. Buatlah kanvas berukuran 500x500 berwarna putih. Pastikan warna default yang saat itu aktif adalah hitam dan putih. Klik menu Filter > Render > Clouds sehingga tampilan kanvas Anda akan menjadi seperti ini :




Setelah itu, buatlah clouds sekali lagi. Kali ini, Difference Clouds. Klik menu Filter > Render > Difference Clouds. Sekarang lihatlah pada kanvas, kanvas telah dipenuhi dengan warna hitam dan putih menyerupai awan yang sedang mendung berat.


Warna ini akan kita putar dengan cara meng-invertnya. Klik tombol Ctrl+I. Sehabis itu, klik Ctrl+L untuk masuk ke menu Levels. Dalam menu Levels, kita akan menciptakan efek petir itu sendiri.


Setelah anda masuk ke jendela levels, geser anak panah yang ada di bagian tengaj menuju kea rah kanan. Setiap geseran yang terjadi akan menciptakan efek petir secara cepat, mula-mula tampak ramai kemudian hanya meninggalkan beberapa efek kilatan saja.


Hasil yang akan muncul diatas kanvas mungkin sangat bervariasi. Tapi, semua akan mendekati pola seperti gambar seperti ini :


Terakhir, kita hanya perlu mewarnai petir ini. Salah satu trik mewarnai paling cepat adalah dengan menggunakan fasilitas Color Balance yang bias diakses lewat tombol Ctrl+B. selanjutnya, geser masing-masing slider yang ada disana sampai anda menemukan warna yang menurut anda paling pas.


Hasil akhir lewat eksperimen warna,hasilnya mungkin menjadi seperti ini :

3 comments:

belajar-desain-grafis said...

Mantap nih tutorialnya...
Mampir2 ke sesama blog desain grafis

http://belajar-desain-grafis.blogspot.com/

Joddie said...

Wooww.. nice info,
Makasih yaa.. seneng banget bisa ketemu orang-orang desain yg 'berani' membagi ilmunya.. Salut !!

cerita.gravis-design.com

Bloggerkampungan said...

matap benar dan mudah dimengerti,..

Post a Comment

Recent Posts

 

Template by Yudhi